Pernikahan Orang Batak yang tidak di perbolehkan dan Dilarang - Kamu Harus Tau

Letak Iklan google Ads Sigotom.com - Menikah adalah sudah menjadi sebuah kewajiban setiap orang. Begitu juga dengan orang batak. menikah juga sudah menjadi keharusan untuk memperoleh Keturunan. Tujuanya adalah supaya Kelak di hari tua ada yang mengurus, dan paling utama juga adalah yaitu Supaya memperoleh keturunan laki-laki dan bisa meneruskan Marganya sendiri.

Apakah memperoleh Anak laki-laki adalah sebuah keharusan bagi Orang Batak?
Sebenarnya dari nenek moyang dulu adalah Bahwa laki-laki lah yang membawa Nama dari kelurga tersebut. Jadi Marga si perempuan hanya berlaku untuk dirinya sendiri. kalau dia menikah.. maka Marganya tidak di wariskan kepada anaknya, melainkan Marga anaknya Adalah marga Ayahnya sendiri. Jadi itu sebabnya ayahnya memperoleh generasi Penerus.

Semakin berkembangnya jaman, Jika hanya anak perempuan yang di kasih Tuhan, Banyak yang berusaha Mencari solusi, seperti mengadopsi Anak laki-laki, dan juga tidak sedikit juga yang menerima keadaan. Orang batak Selalu berkata " Toe Ma Dos do borua dohot Baoa". Mereka pun harus pasrah menerima Marganya tidak di wariskan. Jadi intinya, sebernarnya tidak menjadi keharusan, akan tetapi akan lebih bak jika di usahakan Anak Laki-laki.

Nah.. sebelum Menuju kesitu, daam pernikahan orang batak juga tidak asal-asalan. banyak yang harus di lihat dan harus di patuhi. memenuhi aturan sudah menjadi kewajiban orang batak, seperti memenuh aturan yang di larang dalam pernikahan dalam suku batak.
Berikut Pernikahan Orang Yang tidak di Izinkan:

1. Satu Marga Tidak bisa Menikah

Ilustrasi Prnikahan Terlarang
Ilustrasi Prnikahan Terlarang
Adat batak itu sangat baik dan selalu di patuhi oleh masyarakat batak. Seperti halnya, orang batak yang satu marga tidak boleh menikah. karena itu tergolong ITO. Jadi Contohnya, Si Togar Marga nainggolan Pergi ke America, disana dia bertemu dengan Si Rodiana Boru Nainggolan. Maka mereka tidak bisa menikah, karena itu statusnya MARIBOTO. Entah dari mana pun itu, Jika satu marga, memang tidak boleh menikah.


 

2. Namarpadan Dilarang menikah ( dalam Adat batak )

Seperti yang no satu tadi, Satu marga tidak boleh menikah. Namun Beda marga juga dalam adat batak tidak boleh menikah Karena Marpadan. Marpadan ini sungguh Luar biasa Karmanya jika sampai terjadi pernikahan yang satu padan. Sudah tidak boleh menikah dengan satu marga, maka Lebih baik menikah dengan satu marga apabila Menikah dengan Satu Padan.

Mengapa demikian?
Memang itulah nasihat dan juga tkdir yang telah di buat nenek moyang Orang batak. semua nasihat (PODA) yang telah di wariskan kepada generasinya harus benar-benar di patuhi.
Kenapa Ada padan dalam suku batak toba?
Barbagai alasan mengenai hal ini, Tapi yang jelas, dulu jika ada sebuah masalah.. maka Mereka mengatakan sebuah Sumpah. Dan akan Mengalir teus sampai generasi yang keberapa pun itu. Lain dengan sumpah Anggota DPR, jika mereka bersumpah tidak boleh Korupsi, maka jika melanggar Banyak yang tidak dampak akibatnya, jadi kalau orang batak, Jika melanggar Padan, maka Akibatnya pun dengan segera akan di dapat.

Inilah beberapa marga batak yang marpadan

Nainggolan Marpadan dengan Siregar
Tampubolon Marpadan dengan Sitompul
Purba Marpadan dengan Lumbanbatu
Pasaribu Marpadan dengan Damanik
Sinaga Bonor Suhutnihuta Marpadan dengan Situmorang Suhutnihuta
Sinaga Bonor Suhutnihuta Marpadan dengan Pandeangan Suhutnihuta

Hutabarat Marpadan dengan  Silaban Sitio
Manullang Marpadan dengan  Panjaitan
Sinambela Marpadan dengan  Panjaitan
Sibuea Marpadan dengan  Panjaitan
Sitorus Marpadan dengan  Hutajulu (termasuk Hutahaean, Aruan)
Sitorus Pane Marpadan dengan Nababan
Naibaho Marpadan dengan  Lumbantoruan
Silalahi Marpadan dengan  Tampubolon
Sihotang Marpadan dengan  Toga Marbun (termasuk Lumbanbatu, Lumbangaol, Banjarnahor)
Manalu Marpadan dengan  Banjarnahor
Simanungkalit Marpadan dengan  Banjarnahor
Simamora Debataraja Marpadan dengan  Manurung
Simamora Debataraja Marpadan dengan  Lumbangaol

3. Pariban Yang Boleh Di nikahi dan Pariban yang tidak boleh di nikahi

Boru Ni tulang.. Tulang kandung Sangat boleh di nikahi, bahkan Orang batak sering menjodohkan anaknya kepada paribanya supaya mereka menikah. namun disampaing itu, pariban juga ada yang tidak boleh d nikahi, seperti Dalam satu keturunan Pak nainggolan, ada anaknya lima, dan juga pariban kandungnya ada Lima.. maka tidak boleh mereka berlima Menikahi paribankandungnya. jika Salah satu dari mereka telah menikah dengan pariban kandungnya,maka yang 4 orang lagi tidak boleh meniahi pariban kandungnya itu lagi.

Tapi bukan cuma pariban kandungnya saja yang begitu, kepada setiap marga saja. jadi jika salah satu anggota dari keluarga mereka telah menikahi gadis dari sebuah kelurga, maka Yang di perbolehkan hanya satu saja. selain itu tidak boleh lagi.

4. Tidak boleh Menikahi Boru Dari Namboru

Laki-laki tidak boleh menikahi anak perempuan dari namboru sendiri. Namboru itu adalah ( Adik perempuan Atau kakak kandung Perempuan Dari Ayah). Akan tetapi sebaliknya, Perempuan boleh menikah dengan Anak namborunya sendiri karena Mereka adalah Ber Pariban.

Itulah beberapa Sebuah adat yang harus dipatuhi orang batak, dan juga harus benar-benar d patuhi. Oke silahkan baca juga artikel kami yang lain seperti:

Letak Iklan google Ads

Subscribe to receive free email updates:

190 Responses to "Pernikahan Orang Batak yang tidak di perbolehkan dan Dilarang - Kamu Harus Tau"

  1. Pada point ke 4 ditulis tidak boleh menikah dengan boru dari namboru kandung..
    Kalau yang tidak sekandung bagaimana?
    Karna kalau dalam alkitab pun hanya tertulis tidak boleh menikah dengan seseorang yg memiliki hubungan darah.
    Tolong dijelaskan. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa to,tpi selagi kita masih bisa elakan knapa gx,sbner nya to npa dalam adat kita batak ada marboru tulang,supaya ikatan keluarga tu gx hilang,atau renggang.lw masalah hubungan sedarah,kita ne smua sedarah nya,soal nya op kita diatas sama nya si ADAM dan si HAWA....jdi tergantung kita jha menjalani hidup ne yang penting kita lakukan yg terbaik tu jha inti nya...

      Hapus
    2. tapi mama saya tidak menyetujui nya
      dan akhirnya saya menyerah

      Hapus
    3. Kalau misalnya saya punya cewek semarga dengan amangboru saya, itu bisa atau nggak?
      Tolong pencerahannya

      Hapus
    4. Saya mau bertanya kepada saudara.
      Ada teman saya boru sinaga suhut nihuta ingin menikah dengan pandiangan suhut nihuta karena hamil di luar nikah.
      Apakah ini diperbolehkan jika dilihat dari keadaanya?
      Saya masih bingung.
      Mohon ditanggapin saudara.
      Trimakasih
      Biar saya tau

      Hapus
    5. Syalom, mau tanya, saya kan marga sagala pacaran sama cwek boru siahaan dan mamaknya cwek ini boru manik, brarti kan saya tulang nya krna sagala dan manik 1 marga, itu boleh atau tidak ya ? Mohon d jawab krna saya kurang paham soal adat batak

      Hapus
    6. Mau tanya kalau pacar saya sirait ibu saya sitorus tetapi oppung (mamaknya bapak) saya sirait apakah bisa saya menikah dgn mrg sirait?

      Hapus
    7. Mau nanyak. Kalau misalnya mamak saya boru purba,dan saya mau menikahi wanita yg mamaknya boru purba juga. Bisa tidak?

      Hapus
    8. Saya juga seperti itu,tolong jawaban nya

      Hapus
    9. Numpang nanya, kalau mama saya (lk) br.silaban, mama (pr) br.nababan, saya marga simamora, si cewek br.siregar, boleh tidak berhubungan?

      Hapus
  2. Saya mau tanya bedanya pariban dengan tulang gimana ya soalnya aku masih kurang paham dalam hal seperti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pariban itu artinya laki2/perempuan yg boleh kita nikahi. Contoh saya kn perempuan brrti saya boleh nikah sama anak laki2nya namboru(adik perempuan ayah) saya. Kalo yg laki2 berpariban sm anak perempuan tulangnya. Tulang itu artinya adik laki2 dr ibu.

      Hapus
    2. Saya mau nanya jadi saya berpacaran dengan laki* yang ibunya dan ibu saya satu marga tetapi tidak ada hubungan darah , apakah kami bisa menikah ? orang tua laki-laki dengan orang tua saya sudah sama* tahu dengan hubungan kami,tapi untuk lebih tau apakah bisa ??? Mohon bantuannya terimakasih:)

      Hapus
  3. mau tanya dong , apakah keponakan bisa menikahi tantenya? tapi keponakan saya sendiri itu opungnya dgn bapak saya abang adik. tolong dijelaskan ,terimakaaih.

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya.
    Karna saya masih kurang paham.
    Kalo ayah saya punya kaka kandung dan kaka kandungnya punya suami dan suami itu punya kaka kandung nah kaka kandung dri suami kk kandung ayah saya punya ank laki2 dan saya pacaran denganya.
    Apa itu boleh atau tidak boleh?
    Tolong dijelaskan.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa setahu saya,
      semoga ada jawaban yg lebih jelas

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. saya boleh tanya ?
    misalnya ibu saya boru sirait, apakah saya boleh menikah dengan perempuan yang ibunya juga boru sirait ??

    BalasHapus
  8. Jika ada seorang pria yang menyukai seorang wanita yang ibunya semarga tapi ayahnya berbeda marga sebagai contoh Ucok ayahnya marga Nababan dan ibunya boru pakpahan menyukai Butet yang ayahnya marga Lumban Tobing dan ibunya Boru pakapahan apakah itu diperbolehkan

    BalasHapus
  9. Saya marga Sianipar
    Ibu saya boru Manurung
    Pertanyaan :
    Apakah saya dapat menikahi Boru Manullang ?(Ibu dari cewek ini Boru Manalu)
    Tolong dijelaskan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh.. karna kalian bukan semarga dan enggak ada padan dan dia bukan anak namborumu

      Hapus
  10. Saya marga Sianipar
    Ibu saya boru Manurung
    Pertanyaan :
    Apakah saya dapat menikahi Boru Manullang ?(Ibu dari cewek ini Boru Manalu)
    Tolong dijelaskan yaa

    BalasHapus
  11. saya mau tanya.. sy marga siahaan.. apa bisa menikah dengan pardede? terima kasih.. ditunggu jawabannya.. :)

    BalasHapus
  12. Menikahi boru dari tante /mamatua harus nya jg gk boleh kan?
    Misal mama saya boru Hutahaean dan mama siperempuan boru Hutahaean jg.

    BalasHapus
  13. mau tanyak dong. saya boru sihaloho, apakah boleh menikah dengan tambunan?

    BalasHapus
  14. mau tanyak
    saya boru sihaloho, apakah boleh menikah dengan tambunan?

    BalasHapus
  15. mau tanyak
    saya boru sihaloho, apakah boleh menikah dengan tambunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walau saya bukan orang batak, tapi ijinkan sy menjawabnya yah saudariku, bila ada kekeliruan mhon masukan dan kritikannya yah.

      sepaham saya sihaloho dan tambunan secara adat Batak tidak boleh saling menikah.
      alasannya karena masih teman semarga atau dianggap semarga, biasanya dalam istilah Batak dikenal dengan istilah dongan sabutuha. yakni dari Ompu Silahisabungan.

      demikian.
      terimakasih ^_^

      Hapus
    2. walau sy bukan org Batak, mohon ijinkan sy menjawab pertanyaan saudari. bila ada kekeliruan mohon saran dan kritikannya, hal itu disebabkan dengan pengetahuan sy yg masih minim.

      menurut sy: antara sihaloho dan tambunan tidak boleh atau dilarang menikah dalam adat Batak.
      knpa demikian, krna masih teman semarga atau dianggap satu marga, yang dalam istilah Batak disebut dengan dongan sabutuha.

      itu jawaban dri sy.

      Mauliate,
      salam hangat dari pemerhati adat di Jayapura ^_^

      Hapus
    3. menurut saya itu tidak boleh dalam adat Batak, sebab masih dikatakan teman semarga atau dianggap satu marga, yang dalam istilah Batak disebut dengan istilah dongan sabutuha.

      Hapus
    4. klo misalnya menikah semarga tapi beda generasi tetep ga boleh ya?

      Hapus
  16. Kak/bg saya mau nanya..
    Ibu saya boru Purba.
    Apakah saya menikahi cewek yg ibunya boru purba? tapi boru cewek ini ngak satu marga dgn saya dan ngak satu padan dan ngak Tartulang.
    Tolong dijawab ya kak/bg.
    Tks

    BalasHapus
  17. Horas to,
    Mau nanya.
    Kalau misalnya cowok marga Tampubolon dan mama dari cewek juga Boru Tampubolon dan cewek tersebut Boru sinaga
    Apakah bisa menikah cowok tersebut dengan cewek tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu artinya si cowok akan menikahi putrinya namboru. Atau si cewek akan menikahi anak ni tulang.
      Tidak boleh.

      Hapus
  18. Horas to
    Mau tanya
    Cowok marga Tampubolon dan mama dari cewek juga Boru Tampubolon dan cewek tersebut Boru sinaga
    Apakah bisa menikah cewek dan cowok itu?

    BalasHapus
  19. ah bisanya itu, gada yang gk mungkin

    BalasHapus
  20. bingung sih sebenernya, saya jawa dan berencana menikah dgn orang batak marga siregar, tp masalahnya keluarganya tdk mau menerima saya yg bkn boru batak, klo diliat dari sisi agama tentu tidak ada larangan atau dosa menikah beda suku, tp untuk adat batak sendiri apakah pamali seorang laki2 batak menikah dgn suku lain?apakah ada sangsi secara adat?terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak..Bukannya pamali mbak. Hanya saja namanya orangtua menginginkan anak2 mereka menikah dengan pasangannya yang sesuku dengannya. Ya dibuat jadi boru Batak aja mbak. Seperti mbak Kahiyang Ayu (putri Bapak Presiden Joko Widodo)

      Hapus
    2. Bukan pamali dan tidak ada sangsi kok mbak. Karena sudah banyak putra dan putri Batak yang menikah dengan pasangannya dari suku lain termasuk dari suku Jawa. Hanya niatan keluarganya aja mungkin supaya menikah dengan perempuan sesuku supaya mudah dalam urusan adat. Kalau keluarga pacar mbak nggak mau, ya sudah mbak dijadikan boru Batak saja seperti mbak Kahiyang Ayu putri Pak Jokowi.

      Hapus
  21. Bang mau nanya, kalo misalnya aku cewe mamaku boru A dan aku pacaran dengan cowo bermarga B. Boru mamaku A ini ternyata marpadan dengan marga cowoku ini. Gapapa kan bang?terimakasih

    BalasHapus
  22. Bang mau nanya, kalo misalnya aku cewe mamaku boru A dan aku pacaran dengan cowo bermarga B. Boru mamaku A ini ternyata marpadan dengan marga cowoku ini. Gapapa kan bang?terimakasih

    BalasHapus
  23. Bang mau nanya, kalo misalnya aku cewe mamaku boru A dan aku pacaran dengan cowo bermarga B. Boru mamaku A ini ternyata marpadan dengan marga cowoku ini. Gapapa kan bang?terimakasih

    BalasHapus
  24. Tolong bantu saya ya.
    Saya sekarang pacaran dengan marga Sihombing. Nah namboru kandung dia menikah dengan bapak tua kandung saya. Jadi saya martulang dengan marga Sihombing karna mamaktua saya boru Sihombing. Jelas kami itu tidak ada hubungan darah. Tapi hubungan kami ditentang oleh orangtua. Bagaimana menjelaskan pada mereka? Apa benar kami ini tidak bisa bersama atau menikah?

    BalasHapus
  25. Bang/kak, mau nanya. Temanku mamanya boru Silitonga, terus dia pacaran sama cowok yang mamanya boru Sianipar. Sianipar dan Silitonga kan sama, apa boleh?

    BalasHapus
  26. Kalau menikah dengan orang yg punya opung boru yg semarga boleh tidak?

    BalasHapus
  27. Jadi kalau gini gimana ?
    Contoh :
    Bapak saya dilahirkan boru A.
    Bapak saya marga B.
    Bapak saya menikah dengan boru C.

    Lalu saya menikah dengan boru D.
    Org yang saya nikahi dilahirkan dari Boru A.

    Itu gimana?

    BalasHapus
  28. Purba sidadolog menikah dengan br si hombing bisa ngk?

    BalasHapus
  29. Marga sidadolog bisa ngk menikah dengan boru si hombing

    BalasHapus
  30. Bang, kalau misalnya kakaknya calon saya (saragih) ini nikah dengan marga manullang.
    sedangkan saya boru manullang calon dari adek laki laki dari kakaknya saragih ini. apakah bisa bang?
    walaupun saya sama sekali tidak ada hubungan darah dengan suami dr kakak nya.

    BalasHapus
  31. Saya mau tanya, saya Boru Sihombing, apakah bisa nikah sama marga Hutabarat ?

    BalasHapus
  32. gan..mau nanya,saya punya pacar,tapi marga kami sama,lubis..kira² boleh tidak kalau kami menikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masih sama sama asal nya dari toba itu dilarang
      Tapi kalau lubis nya dari tapsel kemungkinan itu bisa
      Karna adat batak yang asli itu berasal dari toba

      Hapus
  33. 1.Saya mau tanya saya boru sianturi terus marga mama saya nadapdap nah waktu itu ada yg sepadan dengan mama saya marganya itu boleh dinikahi gak?
    2. Marga opung boru saya dr bapa itu siahaan itu juga boleh atau tidak?
    3. Marga opung boru saya dr mama itu hutahaen itu juga boleh atau tidak?

    BalasHapus
  34. 1. Saya boru sianturi nah mama saya boru nadapdap kalau nikah sama marga yg sepadan sama mama saya boleh tidak? Marga opung boru saya dr bapa itu siahaan itu juga boleh atau tidak? Marga opung boru saya dr mama itu hutahaean itu juga boleh atau tidak?

    BalasHapus
  35. numpang tanya Situmorang bisa nikah atau tidak dengan Nainggolan. 1 lotung tapi tidak marpadan
    Makasih

    BalasHapus
  36. Bang saya mau bertanya
    Opung boru saya boru Sitohang
    Dan pacar saya marga siringo-ringo
    Apa kami bisa menikah nantinga atau tidak?

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Manullang dengan bintang bisa nikqh nggk???

    BalasHapus
  39. kalau ayah saya situmorang, ibu saya simanullang dan saya situmorang jadi saya tidak diperbolehkannya dengan boru apa saja? tolong jawab dengan bahasa baku bang, biar saya paham.terimakasih.

    BalasHapus
  40. mau Tanya, misalkan ada cowok marga simanjuntak mau menikahi cewek yg mamanya boru siahaan. itu boleh atau tidak?

    BalasHapus
  41. saya mau bertanya ?
    apakah boleh pacaran satu marga dari mamak kita
    contohnya :
    mamak ku boru purba
    aku pacaran sama Purba ( tidak memeiliki hubungan keluarga )
    apakah boleh atau tidak ??

    BalasHapus
  42. bang saya mau bertanya
    Saya boru Sianturi
    Mamah saya boru Purba
    Apakah saya bisa pacaran dengan Marga Purba ( tidak ada hubungan keluarga )

    BalasHapus
  43. Saya mau nanya, mama saya boru butarbutar dan pacar saya mamanya boru manurung, apakah kami bisa berhubungan dan menikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bolrh karna itu yang di bilang marpariban
      Karna 1 nairasaon

      Hapus
  44. Mau tanya, cowok marga tambunan, cewe boru manurung tp mama mereka sama" boru parna, bisa gak mereka nikah, kan mereka marpariban tp jg mar ito dr mama mrk..

    BalasHapus
  45. Mau tanya, cowok marga tambunan, cewe boru manurung tp mama mereka sama" boru parna, bisa gak mereka nikah, kan mereka marpariban tp jg mar ito dr mama mrk..

    BalasHapus
  46. Bang, mau nanya
    Opung perempuan dri mama saya kan boru marpaung,apa saya boleh menikah dengan boru simangunsong?

    BalasHapus
  47. Horas.. Saya mau tanya.. Bapak saya kan marga Bakkara, terus mamaknua bapak saya itu boru silaban, lalu saya berpacaran dengan marga silaban? Apakah boleh?? Karena di bilang silaban itu Tulang saya. Sedangkan Ibu kandung saya sendiri br situmorang. Tolong di jawab ya..

    BalasHapus
  48. Mw nnya donk bisa ga boru nababan pcran dgn mrga sitorus tpi bkan sitorus pane.
    Terima kasih

    BalasHapus
  49. Saya marga sinamo, apakah bisa menikahi Boru Sinambela ?? Mohon penjelasannya tu hamuna..

    BalasHapus
  50. Saya marga sinamo,boleh tidak menikahi Boru Sinambela ?? Tolong penjelasannya pak.

    BalasHapus
  51. Mau tanya apa orang batsk boleh nikah dengan orang dayak

    BalasHapus
  52. Mau tanya apa orang batak boleh nikah sama orang dayak

    BalasHapus
  53. Kalau saya pnya cewek semarga dengan amangboru saya, itu bisa atau nggak?
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  54. Kalau saya punya cewek semarga dengan amangboru saya, itu bisa atau nggak?
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa kak. Karena hitungannya si cwe adalah saudara kakak. Karena marganya yang sama dengan amangboru kakak. Seperti halnya dengan anak perempuan amangboru yang ga boleh dinikahi

      Hapus
  55. Kalau saya punya cewek semarga dengan amangboru saya, itu bisa atau nggak?
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
  56. Saya mau tanya, misalkan Kaka saya menikah dengan laki2 marga A, apakah saya seorang laki2 boleh menikah dengan perempuan bermarga A juga?

    Mauliate

    BalasHapus
  57. Mau tanya, Kalau saya marga simbolon, punya teman perempuan mamanya boru sijabat,sama" parna...apakah bisa bersatu? Thks

    BalasHapus
  58. Mau tanya, Kalau saya marga simbolon, punya teman perempuan mamanya boru sijabat,sama" parna...apakah bisa bersatu? Thks

    BalasHapus
  59. Mau tanya, Kalau saya marga simbolon, punya teman perempuan mamanya boru sijabat,sama" parna...apakah bisa bersatu? Thks

    BalasHapus
  60. Mau tanya min, kalau saya marga simbolon, punya teman perempuan yg mamanya boru sijabat.. Apakah kami blh menikah min ? Jadi saya dengan anak namboru karena sama sama parna, bukan karena hub saudara kandung. Thks

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. Kak saya mau tanya , kalo sembiring sama simanungkalit boleh menikah gak? Marga simanungkalit dri cewenya
    Cowonya sembiring. Impal?

    BalasHapus
  63. Kalau mama dri pasangan kita sama dengan marga kita apa bisa ..
    Tpi ngak kandung apa bsa

    BalasHapus
  64. Kalau sihotang dengam nainggolanitu itonya atau paribannya

    BalasHapus
  65. Kak tanya.
    Kalau
    Mamanya cwo boru sihombing, terus opung boru dari mama si cwe boru sihombing juga. Apakah boleh?
    Dan harusnya si cwe panggil apa ke mamanya si cwo?

    BalasHapus
  66. Mama si cwo marganya sama dengan marga opung boru dari mama si cwe. Apa bisa kak?

    BalasHapus
  67. Saya mau tanya,jadi saya marga sirait.apa bisa menikahi perempuan yg ibunya itu br manurung?

    BalasHapus
  68. Selamat malam. Aku mau nnya dong
    Aku boru panggabean punya teman marga sigalingging. Tapi orang tua kami perempuan semarga (sama2 manalu)
    Apakah iti dilarang?

    BalasHapus
  69. mau nanya min, pasaribu boleh gk menikahi boru kacaribu?

    BalasHapus
  70. Bolehnkah Manalu menikah dengan purba , girsang atau tarigan ? Penjelasan nya min

    BalasHapus
  71. Abang/kakak
    Saya mau bertanya,
    Saya marga Haloho mamak Boru Aruan, apa bisa berpasangan/Nikah dengan cewek boru Saragih turnip mamak Boru Tambunan.
    Tolong kasih Saran Gimana baik nya, apakah boleh kami nikah?

    BalasHapus
  72. Saya mau betanya, Abang/KaKak
    Saya marga Haloho mamak Boru Aruan, ceweknya Boru Saragih turnip mamak Boru Tambunan, Apakah Bisa berpasangan/menikah nanti nya?
    Terimakasih
    Mohon bantuannya DAN Saran biar saya paham

    BalasHapus
  73. Jika mamak dari pria ini boru nainggolan dan mamak dari wanita ini juga boru nainggolan,apakah masih bisa di persatukan pria dan wanita ini

    BalasHapus
  74. Saya mau betanya dan minta saran dan pengen tau juga karena saya kurang paham?
    Saya marga Haloho mamak Boru Aruan apa bisa nikah Dengan cewek Boru Saragih turnip mamak Boru Tambunan
    Apakah bisa?

    BalasHapus
  75. Mau tanya ito, kalau saya boru simanjuntak, mama boru marpaung. Apakah bisa nanti dengan marga napitupulu, mamanya boru siahaan?

    BalasHapus
  76. Mau nanya dong , kalau misalnya nikah dengan wanita yang opung borunya dari sang bapa sama sama marbun dengan saya, itu bisa ga ya?

    BalasHapus
  77. Mau nanya , bisa ga sih menikah dengan wanita yang memiliki (opung boru dari sang BAPAK yang sama sama marbun dengan saya ?)

    BalasHapus
  78. Mau tanya
    Misalkan siperempuan boru Simbolon,mamanya Boru Manalu,
    Nah laki*nya marga sibarani mamanya si cowok juga Boru Manalu, itu bisa gak yaa sicewe Sama si cowo menikah ?

    BalasHapus
  79. Malam min
    Mau tanya dong
    Kalau misalkan siperempuaan Boru Simbolon , mama nya Boru Manalu
    Terus si cowo marga sibarani mamanya Boru Manalu , Mereka bisa pacaran gak min
    Makasih

    BalasHapus
  80. Marga silalahi boleh ngak menikah sama boru nambela??

    BalasHapus
  81. Marga silalahi dengan boru nambela bisa menikah ngak??

    BalasHapus
  82. Saya mau nanya boleh gak kita berhubungan sama marga ya sama dengan marga pacar abang, tapi mereka bukan saudara kandung

    BalasHapus
  83. Saya mau nanya boleh gak kita berhubungan sama marga ya sama dengan marga pacar abang, tapi mereka bukan saudara kandung

    BalasHapus
  84. Mmaaf sebelumnya saya ingin bertanya apakah silalahi tolping bisa menikah dengan sembiring pelawi ?jika ya apa alasannya jika tidak juga kenapa?mohon dibantu teman2 thanks:)

    BalasHapus
  85. Izin bertanya dong boleh gak silalahi tolping menikah dengan sembiring pelawi? Mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  86. Mau tanya kalo mama aku boru sinambela, nah pacar aku mama nya boru sihotang..
    Tapi aku boru silaban dan dia marga Pakpahan,,, kira kira gimana?
    Bisa atau engga ya
    Terimakasih

    BalasHapus
  87. Katanya ada yg blg situmorang marpadan sm rajagukguk,, benar gk sih ito?

    BalasHapus
  88. Mau Tanya dong Kak. Kalau siringo Ringo ke Marga simanjorang paribanan atau gimana?
    Terima kasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon pencerahannya min..

      Saya marga peranginangin, dan di batak PERANGINANGIN=SINAGA

      APAKAH SAYA BISA MENIKAH DENGAN WANITA YG IBUNYA BERMARGA SINAGA?

      TERIMA KASIH

      Hapus
  89. Mau tanyak nih, kalo pasangan yg ibunya satu marga bisa menikah gk?

    BalasHapus
  90. selamat malam kaa...
    saya mau nanya nih....
    marga cowok saya pardede,ibu nya boru sitanggang....marga saya sinaga dan ibu saya boru simarmata...apakah itu bisa lanjut menikah/gak?

    BalasHapus
  91. Mohon pencerahannya min.

    Saya marga peranginangin, dan di batak PERANGINANGIN=SINAGA

    APAKAH SAYA BISA MENIKAH DENGAN WANITA YG IBUNYA BERMARGA SINAGA?

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  92. Mohon pencerahannya min..

    Saya marga peranginangin, dan di batak PERANGINANGIN=SINAGA

    APAKAH SAYA BISA MENIKAH DENGAN WANITA YG IBUNYA BERMARGA SINAGA?

    TERIMA KASIH

    BalasHapus
  93. Klo saya pardede menikah dengan simanjuntak tpi mamanya simangungsong bisa ga sih bro?

    BalasHapus
  94. Misalkan Saya marga panjaitan orangtua saya boru hutabarat
    Sedangkan yg saya ingin nikahi ini boru sihombing orangtua boru nya boru hutabarat juga
    Aokah kami masih bisa menikah??

    BalasHapus
  95. Apakah simorangkir dengan hutabarat bisa nikah???
    Mohon pencerahan

    BalasHapus
  96. Apakah simorangkir bisa nikah sama hutabarat

    BalasHapus
  97. Saya mau bertanya,bapak saya marga tambunan dan mamak dari bapak ku(br.simanjuntak) . Dan ada wanita br simanjuntak..

    apakah bisa saya dekati??

    Sekian,

    BalasHapus
  98. AYAH SAYA MARGA TAMBUNAN DAN IBU DARI AYAH SAYA BR.SIMANJUNTAK, JADI ADA BR.SIMANJUNTAK YG INGIN SAYA DEKATI, APAKAH BISA SAYA DEKATI??

    BalasHapus
  99. Halo kaka/abg . Saya peggy br sinaga . Saya mau bertanyak kaka , pacar saya marga purba . Apakah bisa sinaga dan purba menikah ??

    BalasHapus
  100. Mau menanyakan apa bisa situmorangdan nainggolan bisa menikah.
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus
  101. mau tanya. yg ku incar ini (perempuan) mamanya sianturi dan mama ku juga sianturi. bisa kah saya menikah dgn dia?

    BalasHapus
  102. Saya mau tanya dong
    Saya marga Sinaga
    Ibu saya boru hombing
    Saya ingin menikahi Boru Pardede
    Ibu nya Boru Sinaga
    Itu gimana hukum nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas lae
      Saya mau nanya
      Saya marga sinaga terus saya mau nikah sama boru napitupulu tapi mamanya boru sinaga juga boleh atau tidak lae?

      Hapus
    2. Gk lah bang. Itu kn dh ito brrti

      Hapus
  103. Saya mau tanya.

    Saya boru purba, mama saya boru saragih,ibuk mama saya boru Situmorang ,apakah boru purba bisa menikah dengan marga Sinaga?

    Seperti yang kita ketahui Sinaga dengan Situmorang sama.

    Tolong di tanggapi bagi yang mengerti ,makasih

    BalasHapus
  104. Mau nnyak.. apa kah Nadapdap sama Manullang itu bisa menikah??

    BalasHapus
  105. Marga harahap tidak boleh menikahi marga apa saja ya

    BalasHapus
  106. Apakah panjaitan dan sianipar bisa menikah? karena masih sma2 keturunan tuan dibangarna

    BalasHapus
  107. Saya mau nanya saya marga manalu dan mamak saya marga simangungsong dan pacar saya sirait dan mamak pacar saya marbun banjarnahor
    Apakah kmi bisa lanjut hbungan pacaran kmi

    BalasHapus
  108. Izin saya bertanya kepada saudara semua,tolong dibantu ya.
    Saya cuma belum paham ajah.
    Pertanyaan:seorang cewe sinaga bonor suhut nihuta hamil diluar nikah dengan pandiangan bonor suhut nihuta.
    Mereka ingun menjalin hubungan,apakah itu diperbolehkan? Kan ada larangannya
    Trimakasih.saya ambil gambaran ini dari sekitar tetangga saya

    BalasHapus
  109. Izin bertanya saya mengambil cerita ini dari lingkungan saya dan masih bingung dengan kejelasannya.
    Apakah sinaga bonor suhut nihuta bisa menikah dengan pandiangan suhut nihuta?
    Apa bila si wanita tersebut hamil di luar nikah

    BalasHapus
  110. Boleh tanya.. apakah menikah dengan laki” bukan sedarah tapi ayah cwo hutasoit dan ayah cewe nababan.. lalu ibu cowo pasaribu dan ibu cewe pasaribu. Apa ini diperbolekan

    BalasHapus
  111. Mau tanya.sebelum nya (simbolon Dan Maharaja itu sama). Apabila Saya laki laki marga simbolon akan tetapi Oppung boru dari pacar Saya boru Maharaja. Apakh bisa ?

    BalasHapus
  112. saya mau tanya apakah marga silalahi sabungan bisa berpacaran dengan boru
    silitonga? mauliate.

    BalasHapus
  113. Mau tanya ? Apakah marga naibaho dengan silalahi marpadan?

    BalasHapus
  114. Syalom semua
    Di sini saya mau bertanya

    Di sini saya marga sihombing, bolehkah saya menikahi wanita yang ibunya marga sihombing tetapi ayahnya tidak mempunyai marga kata orang sih ibunya namboru saya tapi bukan namboru kandung apakah saya boleh menikahinya ?

    Tolong di bantu jelaskan abang" dan kakak" ku

    BalasHapus
  115. kalau mamaku aritonang mamak sicewek sinaga itu bsa gak?

    BalasHapus
  116. Saya Boru sihSihomb boleh gak saya pacaran sama marga Girsang?

    BalasHapus
  117. Apakah boleh saya menikah jika ibu saya Boru Sihotang dengan ibu dari cewek saya Boru Pangaribuan

    BalasHapus
  118. HORAS
    Klo aku aku marga tampubolon,bapak saya menikahi boru simanjuntak,otomatis saya marpariban sama boru simanjuntak,
    Tapi karna tapi cewe ini boru si hombing,dan mama nya simanjuntak,apa kami bisa menika di kemudian hari,minta minta masukan nya dong tulang/ nantulang

    BalasHapus
  119. Saya mau Tanya apakah bisa marga manurung menikahi Boru sianturi? Tolong dibantu Jawab😊
    Trimakasih😊

    BalasHapus
  120. Kalau mamaknya si cew satu marga sma marga mamak si cow kira2 bsa gak ya?

    BalasHapus
  121. Aku boru Parhusip Nainggolan.
    Mamanya mamaku boru Sinaga (awalnya Jawa, dijadiin jadi boru Sinaga)
    Trus, aku boleh gak? Pacaran/menikah sama cowok yang marganya Sinaga?

    BalasHapus
  122. Saya mau tanya,saya silalahi dan saya punya kenalan boru manurung sementara ibunya si cewk ini boru tampubolon apakah bisa pacaran/nikah? Sementara manurung kan pariban kami silalahi yolong di jawab min

    BalasHapus
  123. Mau tanya,,kalau begini,,
    Nanguda (adikandungmama) pnya ank laki2 si A mnikah dngan prempuan boru B,, nah boru B ini pnya adik laki2 yg sudh lama mnjalin hbngan dngan borunya maktua kandung si A.. mengapa adik laki2 si B tidak bisa mnikah dngn sepupu nya si A,,
    Smntara si A dan sepupu nya beda marga,, dan adik si B kn bkn mnikah sedrh dngn spupu si A.. smntara keponakan kandung saja di perbolehkn mnikah??
    Apakah benar seprti itu adat nya tidak bisa sama sekali..????
    Terimakasih.

    BalasHapus
  124. Mau tanya,,kalau begini,,
    Nanguda (adikandungmama) pnya ank laki2 si A mnikah dngan prempuan boru B,, nah boru B ini pnya adik laki2 yg sudh lama mnjalin hbngan dngan borunya maktua kandung si A.. mengapa adik laki2 si B tidak bisa mnikah dngn sepupu nya si A,,
    Smntara si A dan sepupu nya beda marga,, dan adik si B kn bkn mnikah sedrh dngn spupu si A.. smntara keponakan kandung saja di perbolehkn mnikah??
    Apakah benar seprti itu adat nya tidak bisa sama sekali..????
    Terimakasih.

    BalasHapus
  125. Sylm saya mau tanya... ApakH marga tampubolon bisa menikah dengN boru tambunan?? Sebab ad sebagian bilang kalo tampubolon dengn tambunan tidax ada hubungn nya... Tpi kalo dengan silalahi ad hubungan nYa.. karn sudah banyak marga tambunan dengan marga tampubolon m3nikah.... Termasuk org tua saya.... jd jika.saya.menikah d3ngan boru tambunanan apakh diperbolehkn?? Karn Kalo tidx diperbolehkan didaerah sigotom khususnya kalo memang tdx diperbolhkn mengapa ad yng sdh menikh dan tdx diusir dri kampung trsebut, tpi sya sya pernah d3ngar crita, silalahi sma tampubolon ad yng menikah mreka diusir dri kampung tersebut... Tpi klo tambunan sma tamtampubolon tdx pernah dengar diusir.. mohon penjelasan nya

    BalasHapus
  126. Horas,saya mau bertanya,saya marga sitorus dan mama saya boru sirait, dan opung doli dari bapak saya punya namboru boru sitorus,dan namboru nya opung doli saya ini nikah dgn marga sirait,lalu punya anak cowok dan boru, lalu anak cowok dari namborunya opung doli saya ini, dia punya anak perempuan boru sirait. Dan saya mangil ayah dari perempuan boru sirait ini amangboru,tapi saya tidak ada hubungan apa apa dari mamah pacar saya ini. Apakah saya bisa menikah dgn pacar saya ini??
    Jikalau bisa menikah,itu akan menurunkan derajat saya yang tadi nya saya tulang,apakah bisa,kalau bisa walaupun menurunkan derajat itu,saya tak perduli. Mohon bantu dijawab yah...

    BalasHapus
  127. Horas,saya mau bertanya,saya marga sitorus dan mama saya boru sirait, dan opung doli dari bapak saya punya namboru boru sitorus,dan namboru nya opung doli saya ini nikah dgn marga sirait,lalu punya anak cowok dan boru, lalu anak cowok dari namborunya opung doli saya ini, dia punya anak perempuan boru sirait. Dan saya mangil ayah dari perempuan boru sirait ini amangboru,tapi saya tidak ada hubungan apa apa dari mamah pacar saya ini. Apakah saya bisa menikah dgn pacar saya ini??
    Jikalau bisa menikah,itu akan menurunkan derajat saya yang tadi nya saya tulang,apakah bisa,kalau bisa walaupun menurunkan derajat itu,saya tak perduli. Mohon bantu dijawab yah...

    BalasHapus
  128. Mau tanya saya boru sitorus, tetapi opungboru dari ibu cowok saya (ibunya ibu cowok saya) boru sitorus juga, apakah bisa menikah?

    BalasHapus
  129. Boi do antong alai adong do deba na berprinsip molo boi boru na asing boasa ingkon i

    BalasHapus
  130. Boi do antong alai adong do deba na berprinsip molo boi boru na asing boasa ingkon i

    BalasHapus
  131. saya mau nanya ..bolehkah menikah antara haloho dan silaen ? dan alasanya makasih banyak

    BalasHapus
  132. Saya mau nanya, apa boleh girsang dan manalu menikah? Alasannya apa?

    BalasHapus
  133. mau tanya opung ku kn boru silaen dan pacar ku marga sinurat apakah boleh nikah

    BalasHapus
  134. mau tanya opung ku kn boru silaen dan pacar ku marga sinurat apakah boleh nikah

    BalasHapus
  135. mau tanya opung ku kn boru silaen dan pacar ku marga sinurat apakah boleh nikah

    BalasHapus
  136. Mau nanya opung Boru ku Boru Sinaga .. dan pacarku marga Sinaga apa kah boleh?

    BalasHapus
  137. Kalo ritonga dan simbolon pariban atau tidak?

    BalasHapus
  138. Boleh nanya gak
    Akumarga sihaloho boleh pacaran sama boru simarmata sedangkan oppung borunya marga sihaloho sama dengan saya?

    BalasHapus
  139. Misalkan Nainggolan menikah dengan Pandiangan boleh atau tidak?

    BalasHapus
  140. Apakah boleh Nainggolan menikahi boru dari Pandiangan?

    Pencerahannya teman

    BalasHapus
  141. Boleh tanya ga?
    Mamak dia boru sihombing bapak nya tamba.
    Nah mamak ku manik bapaku simbolon bisa sama saya??

    BalasHapus
  142. mau tanya bg..
    aku marga Nainggolan mamakku Damanik.trus marga perempuan ini purba ibu nya damanik.apakah bisa dijalankan??

    BalasHapus
  143. Apa bisa menikah bru munthe dengan marga perangin-angin kk. Semntara mmak saya sinaga,mamak sicwok ginting.

    BalasHapus
  144. Saya marga sirait mau tanya mamak saya Boru sinaga, sidia Boru Sinaga juga (pariban) tapi mamaknya bapak dia Boru Sirait itu bisa ga kak? Tolong di jawab

    BalasHapus
  145. Mau tanya dong, saya kn br pasaribu mama saya naibaho. Kalau misalnya pacar saya Sihotang bisa gak

    BalasHapus
  146. Syalom, izin nanya teman2 aku boru pandiangan mama ku boru simanjorang kebetulan skrg aku lg dkt sama marga simarmata mama nya boru marbun apakh bisa? Terimakasih

    BalasHapus
  147. Saya marga sibarani
    Mama saya br tampubolon

    Pacar saya br regar
    Tapi mamanya br manjuntak

    Tapi oppung boru saya br manjuntak apakah bisa

    BalasHapus
  148. Mohon pencerahannya apa boleh jika mam saya Silalahi dan mama si cowok silaen apa bisa menikah

    BalasHapus
  149. Ng mo nanyak dong saya perangin-angin kalu ke batak kan itu sinaga nahh

    Pacar saya boru Arintonag bisa kah itu bg?

    BalasHapus
  150. Bg mo nanyak doang saya kan perangin-angin kalau ke batak itu sinaga nahh bisa ga saya pacaran sama boru Arintonang?

    BalasHapus
  151. Saya mo bertanya bg kan kalau perangin-angin itu ke batak sinaga nah bisa ga sama boru Arintonang??

    BalasHapus
  152. Naibaho dan lumbantoruan kan marpadan. Saya br nababan, Mama saya br lumbantoruan apakah saya boleh menikah dgn marga naibaho? Mohon bantu jwbannya🙏

    BalasHapus

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.