3 Makanan dan Minuman khas Batak ini, Sudah dilupakan

Letak Iklan google Ads Orang batak di indonesia sangatlah populer. Orang btak juga terkenal dengan memiliki suara yang indah. Bukan cuma hanya itu... kuliner dari Batak juga sangat terkenal. Seperti Nani ura, Arsik, Mie Gomak dan juga yang lainya. Kalu mau tahu, silahkan baca:
12 Makanan Tradisional Khas Batak ( Medan Sumatera Utara ) Paling di Cari.

Namun disamping itu, dengan perkembangan jaman sekarang ini, maka ada minuman dan makanan khas batak yang hampirterlupakan. Bahkan, sudah terlupakan. Mengapa demikian?
Merereka sudah jarang membuatnya sehingga anak cucu mereka pun tidak tahu. Apa saja makanan dan minuman khas batak yang sudah terlupakan?

Aek Las.
Aek las ini adalah sebuah minuman yang dibuat dari berbagai bahan. Contohnya, Ikan kepala batu, Bawang batak, Sarpepe ( Asam Batak ), Garam, dan lain-lain.
Aek Las

Beberapa bahan itu dibakar hingga mengeluarkan bau yang sangat wangi, kemudian dilumatkan sampai halus. Stelah itu, disiram pake air mendidih, dan garamnya di cocokkan dengan banyaknya adonan.
ini adalah minuman khas btak sewaktu manggadong ( Makan Ubi ). Namun hal sedemikian, sudah jarang di jumpai bahkan sudah hampir dilupakan.

Manggadong
Manggadong, artinya Mangallang Gadong ( Makan Ubi )
Manggadong
Nah... Aek las yang kami sebutkan diatas tadi, sangat cocok sebagai menu minumanya sewaktu manggadong. Namun di zaman yang semakin maju, manggadong sudah jarang dijumpai khususnya orang batak. Dulu... sebelum masuk nasi, Manggadong adalah makanan yang pertama dimakan. Nasi sedikit dimakan. Yang seperti ini masih populer hingga tahun 80-an.

Ura-Ura
Kenanl dengan namanya ura-ura?
Dijaman saya... bersama dengan ibu-ibu, sering membuat yang namnya Ura-ura. Ura-ura ini adalah sejenis makanan yang bahanya berasal dari beberpa buah yang masih mentah, Disatukan, kemudian di haluskan (Tidak Lumat ). Diberi Cabai yang lumayan pedas, kemudian Siap di hidangkan.
Ini beberapa bahan membuat ura-ura.

Jengga ( Babal alias tongtolang nangka )
tongtolang nangka
Attajau na Bibi ( Jambu Mentah )
Cabai
Dan lain-lain

Namun sekarang makanan ini sudah teidak pernah lagi dibuat. Dulu, sewaktu hari libur, Contohnya hari minggu... Banyak ibu-ibu yang ngumpul. Kemudian mereka mencari bahan Ura-uradanmenjadikanya.
Sekarang... Dengan demakin berkembangnya jaman, hal ini sudah jarang di temukan. Para ibu-ibu lebih memilih Menonton.

Meskipun makanan dan minuman khas batak itu sudah hampir dilupakan, Namun di beberapa daerah... Masih ada yang kita jumpai yang seperti ini. Salah satunya adalah arah ke Tapanuli utara. Meski sudah jarang, namun masih ada yang buat. Letak Iklan google Ads

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Makanan dan Minuman khas Batak ini, Sudah dilupakan"

Posting Komentar

Berkomentarlah Sesui Topik.
Jangan Promosi donk Disini!!!!
Yang Melakukan Spammer Langsung Kami Hapus.
Terimakasih, Horas, Mauliate.